Cari
  • GAGA MEBEL

Tips Penataan Interior Rumah yang Sempit Agar Terlihat Luas

Diperbarui: 22 Mei


tips dekorasi interior
Tips Penataan Interior Rumah yang Sempit Agar Terlihat Luas

Rumah menjadi salah satu tempat yang sangat penting bagi setiap orang. Setiap pemiliknya tentu akan berusaha membuat tempat ini sangat nyaman. Berbagai hal bisa dilakukan salah satunya dengan melakukan penataan interior sesuai dengan jenis ruangannya.

Interior rumah tentunya berbeda-beda terutama dalam segi ukuran. Berbeda ukuran maka desain interior yang diterapkan juga akan berbeda. Tidak setiap jenis desain bisa diterapkan pada tipe hunian yang sama. Biasanya ukuran rumah yang cenderung sempit seringkali memberikan kesulitan tersendiri terhadap penerapan desain interior.

Beberapa orang selalu merasa bingung bagaimana penataan yang baik untuk area rumah yang cukup sempit. Penataan interior rumah yang sempit memang membutuhkan teknik khusus dan perlu disiasati. Meskipun berbagai jenis desain interior sudah tersedia khusus untuk ruangan yang cukup sempit desain tersebut tidak bisa sembarangan diterapkan.

Penempatan hingga pemilihan furnitur yang tepat akan membantu area tersebut terlihat lebih luas dan cukup menarik. Yang terpenting ialah bagaimana membuat ruangan yang sempit tersebut terlihat lebih nyaman seperti sebuah ruangan yang cukup luas. Sebagai inspirasinya, Anda bisa menggunakan beberapa tips berikut ini untuk melakukan penataan interior rumah dengan ukuran yang sempit.

Penempatan Meja Kecil

Untuk membuat interior ruangan di dalam rumah terlihat lebih luas Anda bisa menempatkan meja berukuran kecil baik untuk ruang tamu maupun ruang keluarga. Hal ini dapat membantu membuat interior ruangan terlihat lebih luas karena terdapat sisa ruang lain di sekitar meja yang tidak terisi oleh furniture apapun.

Sisa ruang tersebut akan memberikan efek ruangan yang terlihat lebih luas dan tidak terlalu sesak oleh adanya benda-benda di sekitarnya. Hal ini bisa Anda terapkan di area ruang tamu yang biasanya menggunakan meja sebagai pelengkap sofa atau kursi. Jika ruang tamu tersebut tidak berukuran luas maka pastikan pilih meja berukuran kecil dengan style yang sesuai.

Karpet Bermotif Besar

Tips penataan interior rumah yang sempit berikutnya ialah menggunakan karpet yang memiliki motif berukuran besar. Beberapa jenis karpet memiliki motif dengan detail yang cukup rapat dan ukurannya relatif kecil. Motif tersebut hanya akan membuat sebuah ruangan terlihat lebih kecil dan juga sempit.

Sebaliknya jika karpet tersebut memiliki motif yang cukup besar maka saat digunakan karpet ini akan membuat ruangan di sekitarnya terlihat lebih lapang dan luas. Hal tersebut bisa Anda gunakan baik untuk area ruang tamu hingga kamar tidur yang cukup sempit. Penempatan karpet seperti ini bisa menjadi strategi yang baik untuk membuat ruangan terlihat luas.

Lampu di Setiap Pinggir Langit-langit

Tak hanya area bawah saja namun area atas seperti langit-langit rumah juga bisa disiapkan agar ruangan di sekitarnya terlihat lebih luas. Caranya ialah dengan menempatkan lampu di setiap sisi bagian langit-langit rumah. Lampu tersebut usahakan harus berwarna putih dan sesuai dengan warna langit-langit itu sendiri.

Hal ini membuat Anda lebih mudah dalam penataan interior rumah yang sempit sehingga menjadikannya terlihat lebih luas. ukuran yang cukup luas dan megah tak hanya dilihat dari area lantai atau dinding saja. Langit-langit juga bisa mendukung sebuah interior ruangan menjadi lebih megah dan luas.

Penggunaan Warna Putih

Warna putih pada dasarnya mampu membuat sebuah ruangan terlihat lebih luas. Pada dasarnya warna yang cerah seperti putih ini memang memiliki sifat seperti ini sehingga sangat cocok untuk ruangan yang sempit. Penataan interior serba putih juga tidak masalah karena akan membuat ruangan terlihat lebih luas lagi.

Interior ruangan berwarna putih juga sangat terlihat elegan meskipun pada dasarnya ruangan tersebut memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Penataan interior rumah yang sempit dengan penerapan warna putih ini tak hanya akan membuat ruangan menjadi lebih luas saja. Akan tetapi ruangan tersebut juga bisa tampil lebih mewah bahkan terlihat lebih glamor.

Penempatan Cermin

Cermin akan memantulkan bayangan di hadapannya sehingga seolah-olah terdapat ruangan lain di di dekat bayangan tersebut. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat sebuah ruangan yang sempit menjadi terlihat lebih luas. Dengan menempatkan cermin Anda bisa membuat pantulan dari bayangan interior di sekitar ruangan yang dimaksud.

Nantinya ruangan tersebut akan terlihat lebih luas dibandingkan ukuran aslinya. Untuk di area ruang tamu atau ruang keluarga Anda bisa menggunakan cermin datar berukuran cukup lebar agar pantulan bayangannya bisa terlihat lebih jelas. Untuk area ini Anda bisa menggunakan cermin yang memiliki bentuk tersendiri, misalnya hexagonal atau kotak-kotak yang disatukan.

Sementara itu, penempatan cermin untuk penataan interior rumah yang sempit untuk bagian kamar bisa memanfaatkan cermin yang ada pada lemari. Gunakan lemari yang memiliki cermin berukuran cukup besar sehingga kamar tidur tersebut bisa terlihat lebih luas. Cermin tersebut juga tidak hanya digunakan untuk bercermin namun juga sebagai pintu dari lemari pakaian atau aksesoris.

Tanaman Artifisial

Tanaman artifisial bisa Anda tempatkan di area yang cukup sempit untuk membuatnya terlihat lebih hidup dengan warnanya yang hijau cerah. Warna hijau tersebut bisa membuat sebuah ruangan terlihat lebih menarik dan terkesan hidup meskipun ukurannya tidak nampak cukup luas.

Untuk membuatnya terlihat lebih unik Anda bisa menggunakan tanaman artificial dengan bentuk monstera dan sejenisnya. Hal ini tentunya akan membuat interior di ruangan tersebut lebih menarik dan terlihat sedikit lebih luas dan juga hidup.

Demikianlah beberapa tips penataan interior rumah yang sempit agar terlihat lebih luas dan menarik. Hal tersebut perlu Anda lakukan untuk membuat hunian yang terlihat lebih nyaman dan luas. Dengan begitu ruangan yang sempit bisa terlihat lebih menarik dan nyaman untuk ditempati.

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua