Tips Memilih Furniture Klasik Modern Agar Ruangan Lebih Nyaman dan Menarik

Diperbarui: 3 hari yang lalu


furniture klasik aesthetic
Tips Memilih Furniture Klasik Modern Agar Ruangan Lebih Nyaman dan Menarik

Sebuah rumah tentunya membutuhkan aneka furniture atau beberapa benda khusus untuk membuat sebuah ruangan lebih nyaman. Berbagai benda seperti meja dan kursi bisa Anda tempatkan sesuai dengan tema yang diinginkan. Tema atau konsep yang dipilih untuk sebuah ruangan cukup beragam mulai dari gaya klasik hingga gaya modern. Seiring dengan perkembangan zaman, kedua contoh konsep ini juga dapat disatukan sehingga menjadi gaya klasik yang modern. Hal ini menjadi perpaduan yang sangat menarik untuk sebuah hunian. Perpaduan ini menjadi salah satu konsep yang tengah diminati. Bagi Anda yang menyukai furniture klasik dengan gaya yang lebih modern maka hal ini bisa tetap dipadupadankan.

Untuk pemilihannya harus disesuaikan karena konsep seperti ini harus menjadi desain yang elegan dan juga mewah. Sayangnya proses pemilihan dan penerapan jenis peralatan seperti ini tidak bisa dilakukan sembarangan terutama untuk jenis konsep perpaduan seperti ini. Perlu strategi atau cara khusus agar tidak keliru dan tidak membuat konsep ini terlihat kurang tepat. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat memilih jenis furniture dengan tema yang klasik.


Mengenali Area Rumah

Ruangan atau area yang ada di rumah tentunya memiliki karakteristik tersendiri mulai dari luas hingga bentuk dari ruangan tersebut. Memilih furniture klasik tidak bisa dilakukan begitu saja tanpa mengenali area dari ruangan yang akan digunakan untuk menyimpan benda-benda tersebut. Ruangan tersebut sangat berpengaruh terhadap jenis benda yang dipilih, contohnya untuk ruangan yang minimalis maka Anda bisa memilih furniture yang juga cukup minimalis. Untuk hal ini, konsep yang klasik nampaknya akan lebih mudah untuk mengikuti kondisi ruangan yang cukup minimalis sebab sebagian besar furniture yang klasik memiliki tampilan yang cukup minimalis dengan modelnya tersendiri. Selain karakteristiknya yang seperti ini, pemilihan jenis furniture klasik tersebut bisa lebih menghemat tempat karena menyesuaikan dengan ukuran tempat tersebut. Contoh pemilihan seperti ini harus Anda perhatikan untuk membuat penempatan furniture lebih serasi Dan cocok dengan kondisi ruangan di sekitarnya.


Pilih Meja Sudut Kecil

Tips berikutnya Anda bisa memilih meja sudut berukuran kecil terutama untuk area ruang tamu. Meja sudut seperti ini memiliki style yang cukup klasik terutama dengan warna yang cukup klasik yaitu coklat dan sejenisnya. Meja tersebut bisa ditempatkan di samping sofa atau kursi tamu sebagai pelengkap dari furniture ini.

Pemilihan meja tersebut sangat terlihat klasik terlebih jika memiliki beberapa jenis ukiran. Untuk membuatnya terlihat lebih menarik, Anda bisa menempatkan beberapa aksesoris seperti buku atau beberapa foto bahkan lampu hias. Bagian ruangan tersebut akan tampak lebih indah dengan penempatan seperti ini. Untuk tinggi dari furniture klasik berupa meja ini bisa disamakan dengan tinggi dari kursi atau sofa sehingga bisa terlihat lebih serasi dan cocok. Area samping juga harus dibiarkan kosong dan hanya terlihat kerangka dari mejanya saja. Hal ini akan menambah kental dari konsep yang klasik dan bisa terkesan lebih menarik.


Sofa dengan Ukiran

Memilih sofa atau kursi dengan tema secara khusus memang membutuhkan cara yang cukup efektif agar sesuai dengan konsep tersebut. Untuk tema yang klasik Anda bisa memilih sofa yang memiliki ukiran dengan model yang agak modern. Pilih sofa dengan ukuran yang ideal yang dipadukan dengan meja tamu yang cukup cantik.

Sofa tersebut bisa dipilih yang memiliki bantal kecil sehingga menambah suasana ruangan menjadi menyenangkan. Warna dari kursi tersebut bisa disesuaikan dengan ruangan di sekitarnya sehingga terlihat lebih menarik dan serasi. Bagian kaki yang memiliki ukiran bisa terkesan klasik dipadukan dengan model sofa.

Warna kayu yang ada disekitarnya pun tidak harus selalu warna coklat seperti penggunaan pada furniture kayu secara umum. Penggunaan ukiran pada furniture klasik seperti ini tetap bisa memperlihatkan konsep yang jelas meskipun warnanya tidak selalu coklat. Anda juga bisa memilih warna putih agar terkesan modern dan tetap klasik.


Pilih Bahan yang Bagus

Pemilihan bahan yang bagus juga harus Anda perhatikan terutama dari segi kekuatan. Kekuatan dari kayu berbeda-beda tergantung jenis materialnya. Anda bisa memilih jenis kayu jati untuk furniture tersebut sehingga kekuatannya cukup jelas dan bisa lebih tahan lama. Selain itu, ukiran yang ada pada bahan kayu tersebut bisa memperlihatkan kualitas dari material kayu tersebut. Anda bisa mengetahui karakteristik dari material yang baik terutama pada bahan kayu yang sering digunakan pada furniture yang ada di dalam rumah. Untuk hal ini Anda juga bisa menghubungi toko mebel yang tepat untuk mendapatkan kualitas bahan yang bagus.


Pilih Warna Sesuai Konsep

Warna yang dipilih juga harus disesuaikan dengan konsep yaitu klasik modern. Furniture klasik yang dipilih pasti memiliki warna yang berbeda sesuai dengan selera dan desain yang ada. Hal ini akan bisa menjadikan tampilan sebuah ruangan yang lebih serasi dan harmonis. Jika warna klasik yang dipilih berwarna krem atau putih maka furniturnya bisa menyesuaikan.

Hal ini perlu Anda perhatikan mengingat warna klasik tidak fokus pada satu jenis warna saja. Terdapat beberapa jenis warna yang merupakan unsur dari konsep klasik sehingga anda perlu menyesuaikan dengan tema yang diinginkan.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih furniture klasik untuk ruangan yang ada di rumah Anda. Hal ini dapat Anda lakukan agar tema yang klasik bisa terlihat lebih menarik dan serasi pada setiap ruangan yang dipilih.





5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua