Tips Desain Interior Untuk Rumah Minimalis

Diperbarui: 3 hari yang lalu


desain rumah minimalis
Tips Desain Interior untuk Rumah Minimalis

Saat ini banyak sekali jenis rumah yang bisa Anda buat, dari mulai yang sederhana sampai mewah. Hal tersebut tentunya bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Di sisi lain apabila Anda tidak suka dengan yang mewah – mewah namun tetap berkelas, yaitu dengan konsep minimalis.

Saat ini rumah dengan konsep minimalis menjadi salah satu solusi terbaik untuk Anda yang memang ingin terlihat simpel namun tetap saja terlihat modern. Kemudian dengan konsep minimalis tersebut Anda tidak perlu ribet untuk membeli furniture ini itu yang pada akhirnya membuat rumah Anda sesak.

Namun dengan konsep ini Anda akan lebih berhati – hati secara ekstra supaya rumah Anda tetap lega dan tidak sesak dengan pemilihan desain interior rumah minimalis yang tepat. Apalagi di zaman sekarang banyak sekali tempat jual mebel yang bisa Anda tempatkan di rumah minimalis yang dimiliki dengan budget yang tidak terlalu mahal juga.

Di sisi lain, rumah dengan konsep minimalis tersebut erat kaitannya dengan desain serta dekorasi yang sederhana namun tetap terlihat mewah. Nah, membangun sebuah rumah minimalis tersebut tidak boleh lupa dengan desain serta interiornya supaya rumah terlihat cantik, indah, dan membuat kita nyaman berada di rumah.

Selain harus memilih furniture yang sesuai, pastinya kita akan dituntut untuk memilih warna yang memang senada serta tidak terlalu cocok. Di sisi lain kita juga jangan lupa mengenai pencahayaan alami. Menurut penulis Will Taylor, ruangan dengan banyak cahaya alami itu cenderung akan terlihat lebih hangat.

Sebagai saran, Anda dapat menggunakan warna putih sebagai penyeimbang ruangan. Kemudian ruangan dapat Anda terangi secara artifisial menggunakan cahaya neon ataupun LED supaya terlihat cantik dan keren dan akan memberikan kesan yang lebih hangat.

1 . Buatlah Lebih Personal

Ruangan pada rumah minimalis itu tidak selalu harus kosong dari kepribadian yang Anda miliki. Pasalnya bagian besar rumah jenis minimalis yang sukses itu mencerminkan selera penghuni rumah serta cara mereka menjalani kehidupan yang mereka suka di ruangan tersebut.

Baik itu dari segi tata letak interior maupun pilihan furniture, biasanya rumah minimalis mesti bisa menggambarkan kepribadian kita. Hal tersebut tujuannya suapaya kita lebih mencintai rumah sendiri. Kemudian Anda juga mesti menempatkan berbagai furniture atau barang yang sifatnya pribadi, contohnya koleksi seni maupun foto besar di dinding.

2 . Less is More

Nah fondasi interior rumah minimalis yang mengusung tema less is more, artinya ruangan tersebut nantinya akan dibuat dengan sederhana serta pada setiap bagian akan dibuat dengan detail serta niat para pemiliknya. Apabila Anda ingin menggunakan style minimalis, maka sangat penting sekali memikirkan pengaturan desain interior rumah minimalis yang tepat.

Kemudian di sisi lain Anda pun tentunya harus bersedia atau merelakan beberapa bagian hingga menurut Anda terasa pas dan cocok. Jangan sampai setiap ruangan terkesan sesak dan sempit. Karena dengan demikian pastinya akan membuat Anda tidak nyaman berada di rumah.

3 . Mengosongkan Beberapa Tempat Tertentu

Ketahuilah bahwa furniture pada rumah dengan gaya minimalis tentunya harus terlihat bersih, begitu juga dengan dinding rumah. Namun di sisi lain Anda tetap dapat menempatkan furniture maupun karya seni yang Anda sukai. Akan tetapi buatlah seminimal mungkin. Lalu usahakan pada setiap sudut rumah bersih dari tumpukan – tumpukan koleksi pernak pernik maupun majalah yang memang mudah berantakan. Oleh karena itu, kosongkanlah beberapa tempat tertentu yang memang menurut Anda tempat tersebut tidak bagus jika ditempatkan oleh berbagai macam furniture.

4 . Memaksimalkan Tempat Penyimpanan

Seperti yang kita tahu, minimalis itu artinya mempunyai lebih sedikit barang. Namun walaupun demikian bukan berarti Anda harus menghilangkan semuanya. Tapi sebaliknya. rumah dengan gaya minimalis alangkah baiknya Anda kemas sedemikian rupa dengan cara memaksimalkan tempat penyimpanan. Nah dengan demikian ruangan akan terlihat kosong ataupun setidaknya ruangan tersebut tidak terdapat banyak sekali barang yang membuat ruangan tersebut terkesan atau terlihat sesak. Maka dari itu, maksimalkan tempat penyimpanan di rumah Anda.

5 . Buatlah Interior Dasar yang Netral

Biasanya rumah dengan style minimalis itu dimulai dari interior dasar netral. Sehingga hal tersebut akan membuat atau mencipatakan sebuah lingkungan yang terkesan segar dan tenang serta warnanya pun dibuat dengan tekstur yang serupa.

Basis dengan putih tentunya bisa memungkinkan Anda mencampurkan dengan warna – warna alami, contohnya seperti coklat maupun abu – abu tanpa harus merusak tata ruangan pada rumah minimalis Anda.

6 . Investasi pada Kualitas

Desain interior rumah minimalis itu mesti bisa membangkitkan kualitas dibandingkan kuantitas. Pemilik atau penghuni rumah dapat mempercantik dengan berbagai macam furniture yang terbilang klasik yang awet. Bisa saja dari furniture besar. Di sisi lain kualitas pembelian harus dipikirkan juga.

7 . Bermainlah dengan Tekstur

Jika pada akhirnya Anda mendapatkan interior netral yang terkesan hambar maupun dingin, maka untuk menghindari hal – hal tersebut tekstur dapat Anda tambahkan melalui bahan serta kain. Nah hal tersebut juga dapat membantu menambah kehangatan serta dapat memperkaya ruangan pada rumah minimalis Anda.

8 . Menambahkan Tanaman Indoor

Selain hal – hal di atas tadi, hal yang perlu Anda tahu juga rumah minimalis itu tidak akan lengkap apabila tidak ada tanaman, kecuali Anda memang tidak terlalu suka tanaman bisa skip poin ini. Dengan menambahkan tanaman pada dekorasi interior rumah Anda, tentunya lebih dari sekedar menghijaukan ruangan rumah Anda.

Selain menjadi filter udara alami dan sebagai pelembab udara, menurut beberapa penelitian menunjukan bahwa adanya tanaman di sekitar kita maka bisa memberikan efek menenangkan pada manusia. Di sisi lain, dengan interaksi aktif tanaman indoor itu bisa mengurangi stres fisiologis serta psikologis.

9 . Membuat Ruangan Sebagai Zona Non Teknologi.

Mungkin sudah tidak menjadi rahasia lagi bahwa kita saat ini sangat bergantung pada teknologi yang dimana jika kita gunakan terus menerus pastinya bisa berakibat kurang baik. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menciptakan sebuah ruangan sebagai zona non teknologi.

Yang dimana pada ruangan tersebut kita beristirahat dari berbagai teknologi dan juga hal tersebut bisa menjadi detoks supaya tidak terus terpaku pada gadget yang dimiliki. Nah dengan demikian kita pun bisa menjadi lebih sehat, baik secara fisik dan juga psikologi. Maka sangat penting sekali menciptakan ruangan tersebut.

Itulah beberapa poin yang mungkin bisa Anda pertimbangkan untuk membuat sebuah rumah dengan gaya minimalis. Mungkin beberapa diantaranya bisa di terapkan pada rumah Anda nanti.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai beberapa tips desain dekorasi rumah minimalis. Semoga dengan adanya hal ini bisa menjadi referensi untuk Anda yang memang ingin membuat rumah dengan gaya minimalis.

1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua