Tips Dekorasi Interior Dapur Nyaman dan Bikin Betah

Diperbarui: 3 hari yang lalu


tips dekorasi interior
Tips Dekorasi Interior Dapur Nyaman dan Bikin Betah

Dapur merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah rumah. Di dapur, proses memasak dan pengolahan makanan untuk keluarga berlangsung. Ada juga dapur yang sekaligus merangkap sebagai ruang makan dan tempat berkumpul anggota keluarga.

Mengingat fungsinya yang penting itu, maka dapur haruslah nyaman dan membuat semua anggota keluarga betah berlama-lama di sana. Hal tersebut bisa didapat dari desain interior dapur yang menarik dan cantik.

Sebelum membangun rumah idaman, perhatikan tips dekorasi interior dapur berikut agar dapur menjadi tempat yang menyenangkan bagi semua anggota keluarga. Simak sampai selesai, ya!


Merencanakan Penataan Ruang

Sebelum melangkah ke tips lebih lanjut, langkah awal untuk membangun dapur adalah merencanakan penataan ruangnya. Pertimbangkan apakah dapur akan berbentuk leter L atau U. Tentunya hal tersebut harus dilihat juga dari luas ruangan dapur.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan dimana nantinya Anda akan menaruh peralatan dapur. Tahu betul di mana Anda akan meletakkan perkakas adalah tips dekorasi interior dapur yang akan membuat dapur lebih rapi dan tertata. Anda juga akan dengan mudah menemukan perkakas dapur yang dibutuhkan. Ini akan membuat fungsi dapur Anda lebih fungsional.


Beri Cahaya Alami

Dapur bisa beralih fungsi sebagai ruang berkumpul keluarga saat bertemu di meja makan. Karena itu, nuansanya harus terang dan cerah. Itu akan didapat dari pencahayaan yang tepat. Fungsi dari pencahayaan selain untuk menerangi ruangan, juga untuk menambah kesan estetik dalam ruangan.

Pencahayaan dapur memang bisa berasal dari lampu yang dipasang. Namun, memberikan pencahayaan alami adalah tips dekorasi interior dapur yang menarik. Cahaya alami yang masuk akan membuat dapur lebih terasa hidup dan lebih sehat.

Anda bisa menyiasatinya dengan memilih ruangan yang terkena pencahayaan langsung sebagai dapur. Cara lainnya adalah dengan menambah ventilasi atau jendela agar cahaya alami bisa masuk.


Memilih Furnitur yang Tepat

Ada banyak macam furnitur yang harus ada di dapur Anda, salah satunya adalah lemari atau kabinet. Fungsinya adalah untuk menyimpan perkakas dapur, juga menambah tampilan dapur semakin baik. Nah, memilih lemari kabinet yang pas juga merupakan tips dekorasi interior dapur.

Tak hanya dilihat dari model dan bahannya saja, memilih lemari juga sebaiknya yang memudahkan Anda. Misalnya saja, antara lemari gantung atau lemari yang diletakkan di bawah. Lemari gantung pada dasarnya tidak makan banyak tempat. Anda juga tidak perlu jongkok-jongkok untuk mengambil sesuatu. Jika ruangan dapur Anda luas, maka pemilihan lemari di bawah juga bisa dijadikan alternatif karena tidak akan mengganggu aktivitas.


Perhatikan Pemilihan Bahan

Seperti sudah disebutkan di atas, pemilihan furnitur memang harus tepat. Selain model dan penyesuaian dengan luas ruang, bahan yang digunakan juga sebaiknya berkualitas. Ini adalah tips dekorasi interior dapur mendasar yang perlu diterapkan.

Bahan yang tersedia untuk furnitur dapur memang bermacam-macam. Buatlah catatan anggaran untuk berbelanja furnitur dapur agar Anda bisa memilih bahan yang tepat. Namun, perlu dicatat bahwa bahan furnitur yang berkualitas akan membuat furnitur-furnitur tersebut juga lebih awet. Namun, tentu saja harganya juga relatif lebih mahal..


Beri Sentuhan Pribadi

Anda pasti punya desain dapur impian sendiri, bukan? Tips dekorasi interior dapur selanjutnya adalah memberi sentuhan pribadi agar dapur Anda semakin menyenangkan. Misalnya saja, Anda pecinta rustic, kenapa tidak diterapkan juga di dalam dapur? Seperti dengan melapisi dinding dengan wallpaper rustic, dan perabotan yang juga bermodel rustic.

Atau apa pun gaya desain kesukaan Anda, terapkanlah di dalam dapur Anda. Selain akan memberi kesan menyenangkan dan kepuasan tersendiri, orang juga akan tahu bahwa itu adalah ciri khas Anda.


Perhatikan Keamanan Dapur

Tips dekorasi interior dapur berikutnya adalah memperhatikan keamanan. Contohnya, peletakan microwave atau oven di tempat yang tidak dapat dijangkau anak-anak. Contoh lain adalah peletakan pisau dan benda-benda tajam serta tabung gas di tempat yang aman. Dengan mempertimbangkan peletakan barang-barang berbahaya, Anda telah menjamin keamanan dapur Anda.


Nah, itu dia beberapa tips dekorasi interior dapur yang bisa Anda terapkan. Bagaimana, sudah ada inspirasi, bukan?

1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua