Elemen untuk Melengkapi Dekorasi Industrial


dekorasi industrial
Elemen untuk Melengkapi Dekorasi Industrial

Dengan kemajuan teknologi dan semakin mudahnya mendapatkan informasi, berbagai interior desain bisa dipilih. Salah satunya adalah gaya industrial yang cukup unik. Gaya ini identik dengan interior pabrik industri yang ada pada abad ke-19. Dengan adanya kemajuan maka gaya interior ini kini tidak digunakan lagi di pabrik zaman sekarang. Meskipun demikian dekorasi industrial ini menarik perhatian bagi pecinta seni interior untuk diterapkan di rumah. Meski terkesan tua rumah dengan gaya seperti ini biasanya memberi kehangatan bagi penghuninya. Dekorasi dengan gaya ini berbeda dengan rumah dengan dekorasi modern lainnya.

Berikut ini beberapa elemen yang sering digunakan jika menerapkan gaya rumah industrial:

Besi pada Dekorasi dan Furnitur

Desain interior seperti pabrik zaman lama identik dengan adanya penggunaan besi pada furnitur. Seiring dengan perkembangannya kini banyak pula yang menggunakan selain besi seperti timah baja dan lainnya. Untuk pemilihan warna Anda bisa menggunakan warna-warna dingin seperti hitam, abu dan juga warna netral lainnya yang terkesan tegas.


Kesederhanaan

Dekorasi industrial identik dengan kesederhanaan. Menambahkan banyak barang dapat mengurangi kesan industrial itu sendiri. Jika Anda memilih gaya vintage atau modern juga bisa digabungkan dengan rumah industrial. Furniture besi akan melengkapi dekorasi Anda misalnya lampu gantung, railing tangga hingga gagang pintu rumah agar terlihat sesuai dengan gaya industrial.


Dominasi Warna Hitam pada Kamar Tidur

Furnitur besi di rumah industrial tidak hanya mengenai hasil akhir dengan besi yang berkilau. Suasana hasil akhir yang matte dapat menghasilkan suasana yang lebih rileks seperti adanya bunk bed pada kamar tidur. Lampu, kaki- kaki sofa dan lantai juga bisa menggunakan warna hitam.


Lebih Esensial dengan Kehadiran Elemen Kayu

Elemen kayu merupakan salah satu elemen wajib pada gaya rumah yang satu ini. Tidak harus menggunakan gaya yang baru Anda bisa memanfaatkan kayu berusia lama atau unfinished sehingga memberikan nilai tambah bagi rumah. Aksen unik tersebut dapat mempercantik dan langka.


Furnitur Dapur di Rumah Industrial

Salah satu pilihan penggunaan furniture kayu bisa pada lantai. Tentunya harus menggunakan kayu yang baru dan dipoles agar aman bagi penghuni rumah dan tidak melukai kaki saat berjalan. Untuk kayu bekas biasanya digunakan bahan furniture lain seperti rak meja kursi atau dekorasi rumah. Dengan demikian furniture tersebut akan melengkapi gaya industrial yang Anda inginkan.


Lekukan Bata Ekspos yang Khas

Tidak seperti umumnya yang dilapisi semen dan cat tembok, pada gaya industrial batu bata akan dibiarkan begitu saja tanpa penggunaan semen. Ada pula yang yang diberi cat tambahan misalnya untuk kamar tidur. Cat putih digunakan agar lapisan tersebut terlihat lebih bersih. Kerak biasanya dibiarkan agar terlihat kesan unfinished.


Ruangan Berlangit-Langit Kayu

Tidak hanya lantai Anda bisa juga menggunakan kayu sebagai hiasan langit-langit rumah. Kayu yang dipilih tentunya harus kuat dan dapat menopang atap secara maksimal. Papan kayu dipasang memanjang dan ditambahkan gantungan besi atau lampu gantung agar tidak membosankan.


Lapisan Semen Ekspos Halus

Semen ekspos akan menguntungkan bagi penggunanya. Hal ini karena semen ekspos akan terlihat unik meskipun tidak diberi lapisan akhir. Semen ekspos memiliki karakter kuat, murah dan juga awet sehingga banyak digunakan pabrik-pabrik pada abad ke-19.


Ruang Makan Rumah Beberapa Kursi Bar

Kursi bar dan karpet dapat melengkapi dekorasi industrial sehingga lebih menarik. Anda bisa menggunakan nuansa abu-abu pada rak atau dalam mendekorasi lainnya agar melengkapi dinding semen ekspos.


Perbanyak Ruang Terbuka

Ruang terbuka adalah salah satu ciri khas dari rumah industrial. Dengan minimnya sekat maka rumah akan terlihat lebih luas tak terbatas. Selain itu gara-gara dapat leluasa masuk ke dalam rumah. Cahaya matahari bisa menjadikan rumah terkesan cerah dan sehat pada siang hari. Keunikan lainnya adalah pada langit-langit rumah yang tidak diberikan lapisan tambahan. Hal ini menambah ciri khas rumah tersebut.


Itulah elemen dekorasi industrial yang akan membuat rumah lebih unik. Anda dapat mengkombinasikannya dengan gaya interior lain seperti modern, minimalis, kontemporer ataupun vintage.

3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua