Beberapa Kesalahan dalam Memilih Furniture yang Harus Dihindari

Diperbarui: 3 hari yang lalu


cara memilih furnitur
Beberapa Kesalahan Dalam Memilih Furniture yang Harus Dihindari

Furnitur merupakan salah satu kebutuhan di dalam rumah yang harus dipenuhi. Ada banyak yang digunakan di rumah mulai dari kursi meja lemari tempat tidur dan furnitur lainnya. Biasanya seseorang akan selektif dalam memilih furniture dan menyesuaikan dengan konsep dari rumahnya. Selain itu, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan furnitur, mulai dari kegunaan, keawetan hingga budget yang dimiliki. Namun dari sekian banyak pertimbangan yang dipikirkan, terkadang seseorang sering melakukan kesalahan-kesalahan, baik kesalahan kecil maupun kesalahan besar dalam memilih furniture. Agar Anda tidak melakukan kesalahan yang sama ketika sedang memilih furniture untuk mengisi ruang-ruang di rumah, maka ada beberapa kesalahan-kesalahan dalam memilih furniture yang memang harus dihindari. Adapun beberapa kesalahan-kesalahan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Memilih Furnitur Yang Kurang Aman untuk Anak-Anak Dalam proses pemilihan furnitur, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan dari anggota keluarga yang lain. Jangan sampai Anda memilih furnitur yang kurang aman untuk anak-anak. Berada dalam usia kanak-kanak memang menjadi masa yang tepat untuk bermain dan mengekspor apapun yang ada di sekitarnya melihat berbagai kemungkinan yang bisa terjadi pada anak-anak saat bermain maka anda harus memilih furnitur yang aman untuk anak-anak sehingga tidak berisiko melukai atau membahayakan anak-anak. Memilih furnitur yang kurang aman untuk anak-anak memang merupakan kesalahan dalam memilih furniture yang sangat fatal dan harus dihindari. Ciri-ciri dari furnitur yang aman bagi anak-anak seperti tidak memiliki sudut yang tajam, tidak mudah pecah, dan lain sebagainya.

2. Minim Fungsi Kesalahan yang satu ini memang sering dilakukan oleh sebagian masyarakat. Sebab terkadang seseorang lebih mengutamakan fungsi keindahan daripada fungsi kegunaan. Sangat disayangkan sekali apabila Anda membeli furniture yang besar tetapi tidak memiliki fungsi banyak. Dengan begitu, maka Anda harus selektif dalam memilih furnitur agar tidak melakukan kesalahan dalam memilih furnitur yang satu ini. Apalagi jika furnitur tersebut akan digunakan untuk rumah yang memiliki desain minimalis. Saat ini Anda bisa dengan mudah menemukan furnitur-furnitur minimalis dan memiliki banyak fungsi.

3. Memilih Furnitur dengan Harga Murah Kesalahan selanjutnya yang seringkali dilakukan oleh sebagian masyarakat dalam membeli furniture adalah memilih furnitur yang memiliki harga murah. Tak bisa dipungkiri bahwa harga murah memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Apalagi jika orang tersebut memiliki prinsip "yang penting ada" tentu hal ini sangat disayangkan sekali.

Menghemat budget dalam membeli segala sesuatu memang perlu dipertimbangkan. Tetapi Anda juga harus memperhatikan kualitas dari barang yang Anda beli, agar Anda tidak melakukan kesalahan dalam memilih furnitur. Sebab furnitur atau barang dijual dengan harga dibawah pasaran atau jauh lebih murah maka biasanya furnitur atau barang dibuat dari bahan-bahan yang kurang bagus atau kualitas nomor dua sehingga bisa lebih cepat rusak saat digunakan. Jika Anda benar-benar ingin menghemat pengeluaran dalam jangka waktu yang panjang, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli furnitur yang memiliki kualitas yang bagus meskipun harganya juga lumayan mahal. Karena biasanya, furnitur yang berkualitas dan harganya mahal bisa bertahan hingga puluhan tahun apabila dirawat dengan baik dan benar.

4. Salah Memilih Ukuran Kesalahan selanjutnya yang sangat disayangkan apabila Anda sampai melakukannya saat membeli furnitur adalah Anda salah dalam memilih ukuran dari furniture tersebut. Pasalnya, biasanya furniture yang berkualitas ini memiliki harga yang mahal, sehingga sangat rugi apabila Anda harus mengeluarkan uang dua kali hanya untuk mengganti furnitur yang salah tersebut. Untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam memilih furnitur ini, khususnya dari segi ukuran, maka Anda bisa menyiasatinya dengan cara mengukur kapasitas rumah Anda. Sehingga Anda tidak akan melakukan kesalahan seperti membeli furnitur yang ukurannya terlalu besar atau bahkan terlalu kecil. Salah satu kerugian dari salah memilih ukuran ini adalah saat furnitur tersebut diletakkan pada posisi yang diinginkan, maka akan tampak kurang serasi sebagai pelengkap interior rumah. Jangan lupa untuk mencatat ukuran ruangan dengan baik dan seksama agar Anda bisa memilih furnitur yang ukurannya pas untuk ruangan tersebut.

5. Memilih Furnitur yang Perawatannya Lumayan Sulit Kesalahan dalam memilih furniture selanjutnya yaitu memilih furnitur yang sulit untuk dirawat. Tak bisa dipungkiri bahwa furniture juga harus mengalami proses perawatan untuk menjaga kebersihan, keindahan dan kenyamanan saat menggunakan furniture tersebut. Apalagi jika di rumah Anda terdapat hewan peliharaan atau anak-anak kecil sehingga bisa dengan mudah mengotori furnitur tersebut. Tentu sangat tidak enak dipandang apabila furnitur kesayangan Anda terlihat kusam dan rusak karena tidak dirawat dengan benar. Maka pastikan bahwa Anda memilih furnitur yang sangat mudah untuk dirawat sehingga bisa dilakukan perawatan secara rutin.

6. Memilih Furnitur yang Tidak Sesuai dengan Interior Menyatukan dua konsep dalam satu ruangan memang bukanlah kesalahan yang fatal. Anda memang bisa menggunakan 2 konsep interior dalam satu ruangan karena akan memberikan kesan unik. Namun, jangan sampai Anda melakukan kesalahan dalam memilih furnitur berupa memilih furnitur yang sangat-sangat tidak sesuai dengan interior. Hal ini akan menyebabkan furnitur tersebut tidak enak dipandang.


7. Memadukan Furnitur tanpa Memperhatikan Model Saat Anda ingin mengisi ruangan dengan berbagai furnitur, tentu Anda tidak perlu untuk membeli satu set, sebab harganya akan menguras kantong. Anda bisa menyiasatinya dengan cara memadukan furniture-furniture baru tersebut dengan furniture lama yang masih bagus untuk dipakai. Namun sebelum Anda membeli furniture yang baru, Anda harus memikirkan perpaduan furnitur tersebut seperti mempertimbangkan model dan ukurannya agar Anda tidak melakukan kesalahan dalam memilih furnitur yang baru. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan karena model dan ukurannya yang sangat tidak serasi dengan furnitur yang lama. Hal ini dikarenakan perpaduan antara furnitur yang tidak serasi akan memberikan kesan rumah yang berantakan dan tidak enak dipandang serta memberikan kesan sumpek.

8. Memberi Tanpa Mempertimbangkan Fungsi Terkadang seseorang membeli segala sesuatu termasuk furnitur karena hanya terlihat unik dan menarik di matanya. Namun tidak memperhatikan fungsi dan kegunaannya. Apalagi jika sedang ada diskon besar-besaran yang mampu membuat orang-orang kalap dalam membelanjakan uangnya. Jika hal ini sampai Anda lakukan, maka Anda bisa saja melakukan kesalahan dalam memilih furniture karena dari sekian banyak furnitur yang Anda beli pastinya ada yang hanya akan menjadi penghuni gudang saja karena tidak sesuai dengan fungsi yang diinginkan. Tentu hal ini sangat disayangkan sekali bukan? Maka dari itu, Anda harus mempertimbangkan fungsi dan kegunaan dari furniture yang akan dibeli. Sehingga Anda tidak akan merasa rugi karena sudah mengeluarkan uang terlalu banyak.

Nah itulah tadi beberapa kesalahan-kesalahan dalam memilih furniture yang sering dilakukan oleh masyarakat. Jika Anda tidak ingin melakukan kesalahan-kesalahan di atas, maka Anda harus selektif dalam membeli furniture tersebut. Selain itu, Anda juga bisa membeli furnitur dengan kualitas yang bagus, sehingga Anda tidak akan merasa rugi dan jangan sampai Anda tertipu dengan iming-iming diskon.

3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua