Cari
  • GAGA MEBEL

5 Jenis-Jenis Finishing Furniture, Kira-Kira Mana yang Cocok untuk Furniture Anda?

Diperbarui: 22 Mei


furniture berkualitas
Jenis-Jenis Finishing Furniture

Tidak hanya material pokok dari furniture saja yang bisa membuat furniture tampak kokoh dan elegan. Tetapi finishing atau bagian luar dari furniture sangat menunjang tampilannya. Jadi tidak kalah penting dari material dasar dari sebuah furniture. Anda yang ingin membuat atau membeli furniture tentu memperhatikan jenis finishing-nya sangat penting juga setelah memperhatikan material dari furniture tersebut. Apalagi fungsi dari finishing tidak hanya untuk tampilan tetapi menjaga kualitas dari furniture yang dibuat. Terdapat beberapa jenis-jenis finishing furniture yang biasa digunakan untuk kebutuhan furniture di antaranya:

Finishing Melamic Anda sudah cukup familiar dengan finishing pelitur, bukan? Ya, melamik merupakan salah satu finishing sejenis plitur. Finishing ini merupakan cairan yang disemprotkan pada furniture sebagai pelapis luarnya dan termasuk pelapis yang berbentuk transparan atau clear finishes. Dengan menggunakan finishing ini permukaan kayu sampai ke pori-porinya tertutup sempurna. Akan tetapi walaupun sangat mampu untuk menutupi celah kayu menariknya finishing ini tidak menutup urat kayu sehingga membuat furniture Anda tampak elegan dengan finishing melamik ini. Anda akan mendapatkan furniture impian dengan kesan mewah dan alami. Tentu sangat tidak mengecewakan bagi Anda yang menyukai nuansa alam yang lebih menonjol tanpa mengurangi estetikanya. Anda bisa memilih jenis finishing ini mulai dari dof sampai glossy. Pastinya sudah sangat direkomendasikan bagi Anda yang mau memesan furniture minimalis atau jenis furniture lainnya.

Finishing Duco Anda yang membutuhkan finishing dengan banyak pilihan warna bisa memilih cat duco. Terdapat pilihan warna seperti pastel, alam bahkan warna-warna yang mencolok. Rekomendasi sekali bagi Anda yang membutuhkan furniture modern minimalis dan juga furniture anak. Harga dari furniture dengan finishing ini relatif mahal sebab apabila sudah dicat serat asli dari kayu tertutup rapat atau tidak terlihat sama sekali sehingga tampilannya sangat rata dan elegan. Salah satu jenis-jenis finishing furniture ini dapat diaplikasikan dengan semprotan atau kuas. Hasil tampilan dari cat duco berkesan cukup mewah. Dengan pilihan warna yang tersedia Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan Anda. Biasanya paling sering digunakan adalah warna putih glossy yang menawarkan tampilan minimalis dan manis. Selain itu nuansa modern pada furniture juga tidak ditinggalkan. Yang menarik dari cat duco ini apabila Anda sudah bosan dengan warna yang dipilih bisa mengecatnya dengan warna lain dengan tampilan sempurna tanpa gradasi warna. Hanya saja aroma dari cat duco ini cukup tajam sehingga disarankan Anda tidak terlibat dalam proses finishing furniture Anda.

Laminasi Lebih praktisnya lagi Anda bisa menggunakan jenis finishing laminasi. Anda bisa temukan jenis finishing ini pada HPL dan venner. Pemasangan finishing ini tinggal ditempelkan pada permukaan furniture. Dengan memilih menggunakan salah satu jenis-jenis finishing furniture ini anda bisa memilih berbagai tekstur. Tapi sayangnya kekurangan dari finishing laminasi ini adalah lebih mudah mengelupas apabila sering terkena udara panas atau lembab.

PU (PolyUrethane) Jenis finishing ini banyak dipilih bagi mereka yang ingin mempunyai furniture dengan tingkat durabilitas yang tinggi. Finishing PU memiliki lapisan film lebih tebal daripada melamik. Material finishing ini mampu menutupi permukaan kayu karena membentuk lapisan yang benar-benar seperti lapisan plastik. Anda juga tidak perlu khawatir furniture Anda lapuk akibat terkena air dan panas yang cukup tinggi. Karena dengan menggunakan finishing PU ini daya tahan furniture terhadap faktor alam penyebab kelapukan dan kerusakan dapat tercegah. Dengan kualitas finishing PU yang cukup tahan lama ini tentu sangat direkomendasikan untuk dibuat sebagai finishing furniture outdoor kusen, pintu luar atau pagar.

Politik Material dari finishing politik adalah salat yang yang berbentuk serpihan atau batangan dengan proses pencairan menggunakan alkohol. Anda bisa mendapatkannya dalam bentuk siap pakai atau sudah dicampuri alkohol yang fungsinya sebagai pelarut dari finishing ini. Ketika diaplikasikan maka alkohol akan menguap. Biasanya dilakukan dengan cara melapisi lapisan kain dan memoleskannya secara berkala pada permukaan furniture. Semakin sering mengoleskannya akan membuat lapisan semakin tebal.

Nah, itulah pembaca jenis-jenis finishing furniture yang bisa Anda gunakan untuk furniture Anda. Sesuaikan jenis finishing sesuai dengan kebutuhan, ya...



8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua